Masyarakat menerima dampak positif dari program Coorporate Social Responsdibility ari PT. Pertamina EP yang Rutin dilaksanakan

RRISorong.com – Aimas; Pertamina EP Asset 5 Papua Field selaku Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) dibawah pengawasan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) rutin melaksanakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) yang langsung bersinggungan dengan masyarakat.

Salah satu program CSR yang dilaksanakan Pertamina EP pada tahun 2016 adalah program Bank Sampah, yang tujuanya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan juga memberikan pendapatan ekonomi bagi masyarakat khususnya warga yang tinggal di daerah Klamono.

Dijelaskan oleh NJO Anditya Ciptadi Putra selaku Staff CSR Pertamina EP Asset 5 Papua Field, program Bank Sampah pertama kali difasilitasi oleh Pertamina EP sejak Juni 2016 silam.

“program ini merupakan bagian dari Coorporate Social Responsibility PT. Pertamina EP Asset 5 Papua Field, kami merasa program ini sangat pas, selain untuk meningkatkan perekonomian juga mengusahakan agar didaerah kita ini bersih dari sampah” kata Anditya.

Meri Merino Aupe selaku Sekretaris Bank Sampah, Program bank sampah ini dilaksanakan di 2 unit, yakni di Unit Klasafet dan Unit Kampung Klamono. Khusus di Kampung Klamono baru diikuti 29 nasabah, melalui program ini kendati baru berjalan beberapa bulan, telah menunjukkan hasil berupa kebersihan dari sampah yang mengalami penurunan.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya program Bank Sampah ini, selain untuk melestarikan lingkungan yaitu tidak ada sampah lagi di selokan atau lingkungan, tetapi juga menambah penghasilan serta mengajak masyarakat gemar menabung, mengumpulkan sampah, menjual dan hasilnya ditabung di Bank Sampah, pencairan dananya setiap 1 kali 3 bulan,” kata Meri kepada wartawan Migas wilayah Papua dan Maluku yang melakukan field trip di Klamono, Kamis (3/11/2016).

Peran kepedulian dari PT. Pertamina EP pada program Bank Sampah adalah menyediakan transportasi membantu pengangkutan sampah dari Kampung Klamono menuju Kota Sorong.

Selain penyediaan transportasi Bank Sampah, Pertamina EP Asset 5 Papua Field juga melaksanakan CSR dengan membangun sumur untuk warga di Kampung Posa Distrik Klamono.Perlu diketahui, selama Tahun 2015 Pertamina EP telah dibangun 10 unit sumur dan di tahun 2016 membangun 5 unit sumur gali bagi warga yang berlokasi di Distrik Klamono dan di Distrik Klasafet. (yudhi/wyd)

About The Author

Number of Entries : 505

Comments (1)

Leave a Comment

© 2015 RRI Sorong, Developing by ATDIV.com

Scroll to top