Pemda Kabupaten Sorong mengajukakn rancangan APBD Perubahan tahun 2016 mengalami defisit sebesar Rp.52 milyar

RRISorong.com – Sorong; Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah perubahan pemerintah daerah kabupaten Sorong tahun 2016 diajukan pemda kabupaten Sorong senilai Rp.1Trilyun 471Milyar 927juta,518 ribu,719 atau mengalamai penurunan Rp. 26,4 Milyar dari APBD induk tahun 2015 senilai Rp.1 Trilyun 498 Milyar, penurunan juga terjadi pada dana perimbangan, yang terdiri dari dana bagi hasil pajak,dana bagi hasil bukan pajak, dana alokasi khusus, sebesar Rp. 52, 5 Milyar, sementara bDana alokasi umum tidak terjadi penurunan, disisi lain, pendapatan daerah yang sah lainnya mengalami kenaikan Rp. 26, 087 Milyar.

Dikatakan Bupati Sorong, Stepanus Malak, penurunan tersebut merupakan realitas keuangan saat ini, hal tersebut disebabkan karenan beberapa faktor secara nasional diluar kendali yang tidak dapat dipaksakan, namun pastinya tetap fokus memaksimalkan pembiayaan kegiatan yang sudah direncanakan.

“anggaran perubahan tahun 2016 mengalami defisit, dan itu terjadi diseluruh daerah, untuk program yang belum terlaksana maka akan direncanakan ulang dilaksanakan tahun 2016″ beber Stepanus Malak, Sabtu (22/10/2016).

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Sorong, Adam Klouw, S.PAK.,SH., mengatakan sebagai lembaga penyeimbang eksekutif, DPRD Kabupaten akan semaksimal mungkin membahas rancangan perubahan APBD 2016, terutama dalam menyikapi kebijakan defisit anggaran yang terjadi saat ini, sehingga dampak dari adanya defisit dapat diminimalisir.

“Masyarakat semakin kritis, oleh karena itu saya mengajak seluruh anggota DPRD kabupaten sorong, baik dari komisi maupun fraksi bersama-sama serius membahas RAPBD perubahan tahun 2016 secara maksimal, guna menopang pembangunan di kabupaten sorong” Tegas Adam Klouw.

Kegiatan pembangunan daerah menggunakan APBD 2016 secara maksimal telah direalisasikan pemda kabupaten Sorong terutama dalam menjawab kebutuhan daerah, namun jika ada beberapa diantaranya yang perlu dibenahi maka menjadi tugas yang harus diselesaikan pada tahun anggaran selanjutnya. (yudhi/wyd)

About The Author

Number of Entries : 505

Leave a Comment

© 2015 RRI Sorong, Developing by ATDIV.com

Scroll to top