Peserta BPJS Kesehatan Di Sorong Raya Capai 80 Persen

Peserta BPJS Kesehatan Di Sorong Raya Capai 80 Persen

RRISorong.com – Sorong: Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial(BPJS) Kesehatan Cabang Sorong  mencatat cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) hingga semester I tahun 2017, mencapai delapan puluh persen dari total penduduk.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Natalia Pangelo menyebutkan, program JKN-KIS untuk BPJS kesehatan kantor cabang Sorong semester pertama ini mencapai 37.052 jiwa yang terbagi, Kota Sorong sebanyak 14.696 jiwa, Kabupaten Sorong 8.092 jiwa, Maybrat 6.500 jiwa, sorong selatan 2.637 jiwa, Tambrauw 1.969 jiwa dan Kabupaten Raja Ampat sebanyak 3.158 jiwa.

“sampai dengan 30 juni 2017 peserta JKN-KIS terhadap populasi penduduk yakni sebanyak 551.991 peserta dari total penduduk 670.162 jiwa” ujar Natalia Panggelo pada kegiatan Public Expose di kantor BPJS Sorong, Selasa (22/08/2017)

Menurutnya, pertumbuhan jumlah ini termasuk didalamnya peserta yang didaftarkan dan diintergrasikan dengan program JKN-KIS oleh pemerintah daerah se-sorong raya.

“terimakasih kepada pemerintah daerah terhadap komitmen untuk menyukseskan program JKN-KIS, dalam bentuk pembiayaan serta perluasan perluasan akses pelayanan melalui penyediaan fasilitas kesehatan” terang Natalia

Ditambahkannya, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada para peserta, BPJS kesehatan cabang Sorong bermitra dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)sebanyak 77 Puskesmas, 15 dokter praktek perorangan, 2 dokter praktek gigi perorangan, 13 klinik Pratama serta 8 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)3 Apotek dan 2 optik.

“kita sudah lakukan kerjasama dengan fasilitas kesehatan untuk peserta JKN-KIS. Kami juga   melakukan Inovasi dan terobosan untuk memudahkan masyarakat yang mau melakukan pendaftaran melalui sistem drop box di Kantor Kelurahan, melalui PPOB mitra kerja BPJS Kesehatan dan pendaftaran Melalui aplikasi mobile” Ujarnya

Sampai saat ini secara nasional jumlah masyarakat yang telah mengikuti program JKN-KIS mencapai 180 juta jiwa atau lebih dari 70 persen, dan BPJS kesehatan menargetkan Universal Health Coverage atau cakupan semesta dapat terwujud di tahun 2019. (Husni/MHL)

About The Author

Number of Entries : 97

Leave a Comment

© 2015 RRI Sorong, Developing by ATDIV.com

Scroll to top